ARTIKEL REFLEKSI

 

MENGAJAR MELALUI MEDIA WHATSAPP GURU PENGGERAK DI SDN 2 CIANGIR

A. Latar Belakang

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merupakan puncak pertemuan antara Guru dan Siswa. Pelaksanannya harus dilakukan dengan mengupayakan berbagai cara yang  menyesuaikan keadaan dan kemampuan. KBM tatap muka di Kelas adalah pelaksanaan yang paling efektif karena terjadi interaksi langsung antara Guru dengan Siswa. Namun, karena ada peristiwa pandemic covid-19 maka kegiatan KBM di kelas secara tatap muka langsung tidak bisa dilaksanakan. Maka Guru merancang suatu gagasan pembelajaran dilaksanakan melalui media whatsApp. Media ini memiliki kamampuan untuk menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan sehingga dapat digunakan untuk pelaksanaan KBM.

B. Pelaksanaan

Guru memberi informasi kepada siswa bahwa  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dilaksanakan melaui whatsApp. Oleh karena  itu, Guru meminta siswa mengumpulkan nomor whatsApp setiap siswa. Setelah terkumpul, Guru membuat Grup WhatsApp untuk mengefektifkan pengiriman informasi. KBM pun dilaksanakan dengan tahapan pelaksaannya sebagai berikut :

1.      Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan media whatsApp.

2.      Guru menyiapkan media whatshap di handphone (HP) milik Guru kemudian menyapa, mencari informasi tentang kesiapan Siswa mengikuti KBM secara daring (dalam jaringan) melalui media whatsApp sebagai data kehadiran. Memberi informasi materi pembelajaran, berdiskusi dan memberi tugas yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Kemudian setiap tugas yang dikerjakan Siswa dikirimkan ke nomor whatsApp Guru. Contoh percakapan di whatsApp :

[08:48, 21/10/2020] Guru : Selamat pagi anak-anak???....

[08:49, 21/10/2020] +: Selamat pagi juga pak

[09:12, 21/10/2020] Kelas V_AAS SELA: Selamat pagi juga pak

[09:14, 21/10/2020] Kelas V_REVITASARI: Selamat pagi juga pak

[09:16, 21/10/2020] +: Selamat pagi pak..

[09:21, 21/10/2020] Kelas V_RIZKY ANDIKA: Selamat pagi pak

[09:22, 21/10/2020] Kelas V_DINI: Selamat pagi pak

[10:10, 21/10/2020] Kelas V_NISA: Selamat Pagi juga Pak😊

[10:12, 21/10/2020] +: Assalamualaikum pak ini tugas frizky lagu hari merdeka

[11:11, 21/10/2020] Kelas V_AUREL: Selamat pagi juga pak

[11:17, 21/10/2020] Guru: Pada pesan hari ini, Rabu,21 Oktober 2020. Ada kegiatan menulis dirumah yaitu menulis 3 (buah ) PANTUN. Temanya tentang keadaan pengaruh PANDEMI COVID-19 dalam kehidupan sehari-hari. Caranya : 1. Buatlah 3 (tiga) pantun bertema pandemi PANDEMI COVID-19 dalam kehidupan sehari-hari. 2. Bacakan pantun tersebut dan direkam video. 3. Kirim melalui Grup WA paling lambat Rabu depan. Selamat belajar di Rumah Saja.

[11:22, 21/10/2020] Kelas V_AUREL: Iya pak

[11:28, 21/10/2020] Kelas V_DINI: Iya pak

[11:29, 21/10/2020] Kelas V_FIKIH: Siap pak

[11:31, 21/10/2020] Kelas V_REVITASARI: Iya pak

[11:34, 21/10/2020] Kelas V_NADIF: Iya pak

[11:37, 21/10/2020] +: Siap pak

[11:43, 21/10/2020] Kelas V_NUR1: Siap pak

[11:47, 21/10/2020] Kelas V_AISAH: ,iya apa

[11:48, 21/10/2020] Kelas V_AISAH: Siap pak

[13:01, 21/10/2020] Kelas V_NISA: iya pak siap😊

[14:51, 21/10/2020] Kelas V_AAS SELA: Siap pak💁👌

[20:55, 21/10/2020] Kelas V_FIKIH: Pak untuk membuat vidio yg lgi bljr tgs hari selasa dan rabu apakah memakai seragam sekolah apa tidak.

[21:01, 21/10/2020] +: Assalamu'alaikum pak, ini tugas aiman lagu "hari merdeka"

[21:02, 21/10/2020] +: Ini tugas aiman "PANTUN"

[13:06, 22/10/2020] +: Assalamualaikum pak ini tugas frizky lagu "syukur"

[13:23, 22/10/2020] Kelas V_EZI: Assalamualaikum wr.wb. pak ini tugas Reyzhi menyanyikan lagu "Hari Merdeka"

[20:05, 22/10/2020] +: Assalamu'alaikum pak ini tugas aiman lagu "syukur"

[20:40, 22/10/2020] Kelas V_ALAN: Asalamualikum ini pak alan tugas "membaca pantun"

[20:48, 22/10/2020] Kelas V_FIKIH: Pak ini tugas fiqih membaca pantun.

[21:23, 22/10/2020] Teh Trisha: Assalamualaikum pak ini tugas pantun frizky

[21:46, 22/10/2020] Kelas V_RIZKY ANDIKA: Asalamualaikum pak, ini dika menyanyikan lagu hari merdeka

[21:52, 22/10/2020] Kelas V_RIZKY ANDIKA: Pak ini dika menyanyikan lagu syukur

[21:54, 22/10/2020] Kelas V_RIZKY ANDIKA: Pak ini tugas dika membaca pantun

[22:04, 22/10/2020] Kelas V_FIKIH: Pak ini tugas fiqih lagu syukur.

[22:07, 22/10/2020] Kelas V_FIKIH: Pak ini tugas fiqih lagu kemerdekaan.

C. Pembahasan

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring (dalam jaringan) melalui media whatsApp ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari penggunaan media ini siswa mendapatkan pengalaman baru belajar melalui media teknologi digital yang sama sekali sebelumnya tidak pernah digunakan sehingga menumbuhkan pengalaman baru. Ini merupakan awal bagi siswa mengikuti proses pembelajaran menggunakan teknologi digital jarak jauh. Guru pun merasa mendapatkan suasana belajar yang berbeda.

Tentu saja ada beberapa kelebihan dari penggunaan whatsApp ini yang perlu terus dilakukan upaya peningkatan agar siswa mampu menggunakannya sehingga hasil belajar menjadi baik. Sedangkan kekurangan menggunakan whatsApp ini memerlukan dukungna perangkat di handphone berupa penggunaan baterai dan kuota internet. Adanya gangguan sinyal seluler atau jaringan internet lainnya memungkinkan kesulitan interaksi Guru dan Siswa yang menyebabkan KBM tidak bejalan baik. Demikian juga bagi siswa yang tidak mampu memiliki perangkat android akan mengalami kesulitan. Walaupun siswa tersebut diberi saran untuk mengikuti ke siswa yang memiliki android dan itu tidak begitu mudah.

 

D. Kesimpulan

Guru dan Siswa adalah pelaksana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Mereka melaksanakan interaksi kegiatan sesuai dengan fungsinya. Guru sebagai fasilitator untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa.  Sedangkan siswa merupakan aktor kegiatan dalam usaha mengembangkan dirinya menghadapi tugas-tugas belajar di masa kedepan setelah mereka naik kelas, Nah, dalam upaya melaksanakan KBM Guru melakukan metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan) maka siswa menyiapkan perangkat daring (dalam jaringan) tersebut. Adapun yang digunakan adalah whatsApp.

Interaksi Guru dan Siswa melalui whatsApp dalam KBM memberi pengalaman baru tentang penggunaan whatsApp sebagai media teknologi digital yang sebelum munculnya pandemi covid-19 tidak digunakan mencari informasi belajar.

Oleh karena itu, Guru perlu menggunakan media daring (dalam jaringan).lainnya dalam upaya memperbaiki kendala pengguanaan whatsApp. Dengan demikian akan semakin bertambah pengalaman belajar siswa secara daring (dalam jaringan).

 

E.  Dokumentasi

   



 

Comments