ARTIKEL REFLEKSI
MENGAJAR MELALUI
MEDIA WHATSAPP GURU PENGGERAK DI SDN 2 CIANGIR
A. Latar
Belakang
Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) merupakan puncak pertemuan antara Guru dan Siswa.
Pelaksanannya harus dilakukan dengan mengupayakan berbagai cara yang menyesuaikan keadaan dan kemampuan. KBM tatap
muka di Kelas adalah pelaksanaan yang paling efektif karena terjadi interaksi
langsung antara Guru dengan Siswa. Namun, karena ada peristiwa pandemic covid-19
maka kegiatan KBM di kelas secara tatap muka langsung tidak bisa dilaksanakan.
Maka Guru merancang suatu gagasan pembelajaran dilaksanakan melalui media whatsApp.
Media ini memiliki kamampuan untuk menyampaikan informasi secara lisan maupun
tulisan sehingga dapat digunakan untuk pelaksanaan KBM.
B. Pelaksanaan
Guru
memberi informasi kepada siswa bahwa Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) akan dilaksanakan melaui whatsApp. Oleh karena itu, Guru meminta siswa mengumpulkan nomor whatsApp
setiap siswa. Setelah terkumpul, Guru membuat Grup WhatsApp untuk
mengefektifkan pengiriman informasi. KBM pun dilaksanakan dengan tahapan
pelaksaannya sebagai berikut :
1. Guru membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan media whatsApp.
2. Guru menyiapkan media whatshap di
handphone (HP) milik Guru kemudian menyapa, mencari informasi tentang kesiapan
Siswa mengikuti KBM secara daring (dalam jaringan) melalui media whatsApp sebagai
data kehadiran. Memberi informasi materi pembelajaran, berdiskusi dan memberi
tugas yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Kemudian setiap tugas yang
dikerjakan Siswa dikirimkan ke nomor whatsApp Guru. Contoh percakapan di whatsApp
:
[08:48, 21/10/2020] Guru :
Selamat pagi anak-anak???....
[08:49, 21/10/2020] +: Selamat
pagi juga pak
[09:12, 21/10/2020] Kelas V_AAS
SELA: Selamat pagi juga pak
[09:14, 21/10/2020] Kelas
V_REVITASARI: Selamat pagi juga pak
[09:16, 21/10/2020] +: Selamat
pagi pak..
[09:21, 21/10/2020] Kelas V_RIZKY
ANDIKA: Selamat pagi pak
[09:22, 21/10/2020] Kelas V_DINI:
Selamat pagi pak
[10:10, 21/10/2020] Kelas V_NISA:
Selamat Pagi juga Pak😊
[10:12, 21/10/2020] +:
Assalamualaikum pak ini tugas frizky lagu hari merdeka
[11:11, 21/10/2020] Kelas
V_AUREL: Selamat pagi juga pak
[11:17, 21/10/2020] Guru: Pada
pesan hari ini, Rabu,21 Oktober 2020. Ada kegiatan menulis dirumah yaitu
menulis 3 (buah ) PANTUN. Temanya tentang keadaan pengaruh PANDEMI COVID-19
dalam kehidupan sehari-hari. Caranya : 1. Buatlah 3 (tiga) pantun bertema
pandemi PANDEMI COVID-19 dalam kehidupan sehari-hari. 2. Bacakan pantun
tersebut dan direkam video. 3. Kirim melalui Grup WA paling lambat Rabu depan.
Selamat belajar di Rumah Saja.
[11:22, 21/10/2020] Kelas
V_AUREL: Iya pak
[11:28, 21/10/2020] Kelas V_DINI:
Iya pak
[11:29, 21/10/2020] Kelas
V_FIKIH: Siap pak
[11:31, 21/10/2020] Kelas
V_REVITASARI: Iya pak
[11:34, 21/10/2020] Kelas
V_NADIF: Iya pak
[11:37, 21/10/2020] +: Siap pak
[11:43, 21/10/2020] Kelas V_NUR1:
Siap pak
[11:47, 21/10/2020] Kelas
V_AISAH: ,iya apa
[11:48, 21/10/2020] Kelas
V_AISAH: Siap pak
[13:01, 21/10/2020] Kelas V_NISA:
iya pak siap😊
[14:51, 21/10/2020] Kelas V_AAS
SELA: Siap pak💁👌
[20:55, 21/10/2020] Kelas
V_FIKIH: Pak untuk membuat vidio yg lgi bljr tgs hari selasa dan rabu apakah
memakai seragam sekolah apa tidak.
[21:01, 21/10/2020] +:
Assalamu'alaikum pak, ini tugas aiman lagu "hari merdeka"
[21:02, 21/10/2020] +: Ini tugas
aiman "PANTUN"
[13:06, 22/10/2020] +:
Assalamualaikum pak ini tugas frizky lagu "syukur"
[13:23, 22/10/2020] Kelas V_EZI:
Assalamualaikum wr.wb. pak ini tugas Reyzhi menyanyikan lagu "Hari
Merdeka"
[20:05, 22/10/2020] +:
Assalamu'alaikum pak ini tugas aiman lagu "syukur"
[20:40, 22/10/2020] Kelas V_ALAN:
Asalamualikum ini pak alan tugas "membaca pantun"
[20:48, 22/10/2020] Kelas
V_FIKIH: Pak ini tugas fiqih membaca pantun.
[21:23, 22/10/2020] Teh Trisha: Assalamualaikum
pak ini tugas pantun frizky
[21:46, 22/10/2020] Kelas V_RIZKY
ANDIKA: Asalamualaikum pak, ini dika menyanyikan lagu hari merdeka
[21:52, 22/10/2020] Kelas V_RIZKY
ANDIKA: Pak ini dika menyanyikan lagu syukur
[21:54, 22/10/2020] Kelas V_RIZKY
ANDIKA: Pak ini tugas dika membaca pantun
[22:04, 22/10/2020] Kelas
V_FIKIH: Pak ini tugas fiqih lagu syukur.
[22:07, 22/10/2020] Kelas
V_FIKIH: Pak ini tugas fiqih lagu kemerdekaan.
C. Pembahasan
Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) secara daring (dalam jaringan) melalui media whatsApp
ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari penggunaan media ini
siswa mendapatkan pengalaman baru belajar melalui media teknologi digital yang
sama sekali sebelumnya tidak pernah digunakan sehingga menumbuhkan pengalaman
baru. Ini merupakan awal bagi siswa mengikuti proses pembelajaran menggunakan
teknologi digital jarak jauh. Guru pun merasa mendapatkan suasana belajar yang
berbeda.
Tentu
saja ada beberapa kelebihan dari penggunaan whatsApp ini yang perlu terus
dilakukan upaya peningkatan agar siswa mampu menggunakannya sehingga hasil
belajar menjadi baik. Sedangkan kekurangan menggunakan whatsApp ini memerlukan
dukungna perangkat di handphone berupa penggunaan baterai dan kuota internet.
Adanya gangguan sinyal seluler atau jaringan internet lainnya memungkinkan
kesulitan interaksi Guru dan Siswa yang menyebabkan KBM tidak bejalan baik.
Demikian juga bagi siswa yang tidak mampu memiliki perangkat android akan
mengalami kesulitan. Walaupun siswa tersebut diberi saran untuk mengikuti ke
siswa yang memiliki android dan itu tidak begitu mudah.
D. Kesimpulan
Guru
dan Siswa adalah pelaksana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Mereka melaksanakan
interaksi kegiatan sesuai dengan fungsinya. Guru sebagai fasilitator untuk
pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa. Sedangkan siswa merupakan aktor kegiatan
dalam usaha mengembangkan dirinya menghadapi tugas-tugas belajar di masa kedepan
setelah mereka naik kelas, Nah, dalam upaya melaksanakan KBM Guru melakukan
metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan) maka siswa menyiapkan
perangkat daring (dalam jaringan) tersebut. Adapun yang digunakan adalah whatsApp.
Interaksi
Guru dan Siswa melalui whatsApp dalam KBM memberi pengalaman baru tentang
penggunaan whatsApp sebagai media teknologi digital yang sebelum munculnya pandemi
covid-19 tidak digunakan mencari informasi belajar.
Oleh
karena itu, Guru perlu menggunakan media daring (dalam jaringan).lainnya dalam
upaya memperbaiki kendala pengguanaan whatsApp. Dengan demikian akan semakin bertambah
pengalaman belajar siswa secara daring (dalam jaringan).
E. Dokumentasi
Comments
Post a Comment